Selasa, 25 Desember 2012

Penemu Android


Android, mendengar namanya tentu kita berfikir alat canggih yang bisa kita pergunakan dalam komunikasi kita sehari-hari. Tahukah kalian siapa yang menemukan alat ini?? Dia adalah Andy Rubin.
Andy Rubin lahir pada tanggal 22 Juni 1946 di New Bedford, Amerika Serikat. Dia adalah pengembang dari Android OS. Sejak kecil, Rubin sudah terbiasa melihat banyak gadget baru. Ini karena ayahnya, seorang psikolog yang banting setir ke bisnis direct marketing, menyimpan produk elektronik yang akan dijualnya di kamar Rubin. Ia memiliki minat besar pada segala hal yang berbau robot. Di Carl Zeiss A.G., tempat pertama kali ia bekerja setelah lulus kuliah, Rubin ditempatkan di sebuah divisi robotika, tepatnya pada komunikasi digital antara jaringan dengan perangkat pengukuran dan manufaktur. Setelah dari Carl Zeiss, ia sempat bekerja di bidang robot di sebuah perusahaan di Swiss.

Karier Rubin di bidang robotika nampaknya semakin cerah, namun hidupnya berubah gara-gara liburan di Cayman Island pada tahun 1989. Saat sedang mengunjungi kepulauan tropis di Jamaika itu, Rubin tak sengaja bertemu dengan seorang bernama Bill Caswell. Pria ini sedang tidur di tepi pantai, terusir dari sebuah cottage setelah bertengkar dengan pacarnya. Andy menawarkan pria itu tempat tinggal dan sebagai balas budi, Casswell menawarkannya pekerjaan. Kebetulan yang menakjubkannya adalah pria itu bekerja di Apple. Di Apple, Rubin mengalami masa-masa yang menyenangkan. Pada saat itu, Apple masih dalam kondisi baik berkat komputer Macintosh. Budaya Apple pun menular pada diri Rubin. Di sana ia sempat melakukan kejahilan, seperti memprogram ulang sistem telepon sehingga ia bisa berpura-pura sebagai sang CEO, John Sculley. Lelucon seperti itu mungkin akan disukai Steve Jobs, pria yang gemar membuat lelucon lewat telepon, namun ketika itu adalah periode Apple tanpa Jobs.
Dari bagian manufaktur, Rubin pindah ke bagian riset di Apple. Kemudian, pada tahun 1990, Apple melakukan spin off untuk membentuk sebuah perusahaan bernama General Magic dan Rubin ikut di dalamnya. General Magic berfokus pada pengembangan perangkat genggam dan komunikasi. Para engineer yang gila kerja, termasuk Rubin tentunya, berhasil mengembangkan sebuah peranti lunak bernama Magic Cap. Sayangnya, Magic Cap tidak mendapat sambutan dari perusahaan handset dan telekomunikasi. Beberapa yang menerapkan Magic Cap hanya melakukannya sebentar. General Magic pun akhirnya hancur.

Beberapa pengembang di General Magic, bersama beberapa veteran Apple, kemudian mendirikan Artemis Research. Perusahaan ini mengembangkan sesuatu bernama webTV, sebuah upaya awal untuk menggabungkan Internet dengan televisi. Rubin bergabung dengan Artemis untuk ikut mengembangkan webTV tersebut. Saat Microsoft membeli Artemis, di 1997, Rubin pun ikut bergabung dengan perusahaan raksasa itu. Episode gila khas Rubin kembali terjadi di Microsoft. Rubin membangun sebuah robot yang dilengkapi kamera untuk mengerjai rekan-rekannya. Gilanya, robot itu terhubung ke Internet dan pada satu insiden sempat dibobol oleh pihak di luar Microsoft. Pada tahun 1999, Rubin keluar dari webTV (dan artinya, ia tak lagi menjadi kar­yawan Microsoft). Ia kemudian me­nyewa sebuah toko di Palo Alto, California, dan menyebut toko itu sebagai laboratorium.
Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).
Terdapat 17 aplikasi gratis terbaik,diantaranya yaitu :

1. Seesmic
Ada banyak aplikasi Twitter di Android – dan Twitter sendiri terguncang adegan dengan peluncuran sendiri-merek aplikasi baru-baru ini – tapi kami bertahan dengan Seesmic  . Menawarkan dukungan untuk beberapa account, halaman home widget menampilkan tweet terbaru dan desain yang sangat licin dan profesional, itu salah satu contoh terbaik dari pengembangan aplikasi di luar sana hari ini.
2.Facebook for Android
Facebook for Android  yang kurang dalam fitur dibandingkan dengan Facebook sendiri, tetapi update terakhir ditambahkan dukungan Kotak masuk ke aplikasi Android, akhirnya memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dalam waktu hampir nyata. Cepat aplikasi dan stabil, dengan kesederhanaan yang mengingatkan Anda tentang masa lalu saat menggunakan Facebook digunakan untuk menjadi tertahankan.
3.ASTRO File Manager
ASTRO  tidak lebih dari sebuah file explorer Windows-gaya, tapi jika Anda mengutak-atik dan langsung menginstal Android APK file Anda sendiri, itu penting untuk tetap seperti ini pada ponsel Anda. Itu membuat telepon Anda merasa seperti komputer, dan membuat Anda merasa seperti Anda bertanggung jawab itu.
UPDATE: ASTRO sebagai aplikasi yang didukung iklan gratis, tetapi Anda harus membayar untuk versi lengkap tanpa iklan. 
4.Skifta
Skifta  adalah perangkat lunak pertama yang diberikan sertifikasi DLNA, artinya  ponsel Android Anda ke perangkat DLNA resmi. Hal ini pada gilirannya berarti mengalir semua media rumah tangga Anda ke telepon Anda, dan berseri-seri video telepon Anda ke TV. Sepertinya sedikit buggy saat ini, tetapi ada banyak update tiba sepanjang waktu. Membutuhkan Android 2.2 atau lebih tinggi.
5.Hotmail
Microsoft telah bekerja sama dengan 7 pengembang  untuk menawarkan aplikasi Hotmail untuk Android, yang memberikan pengguna antarmuka, sederhana bersih, mendorong dukungan pemberitahuan dan bahkan memungkinkan Anda mengatur account Hotmail beberapa dari dalam app. Jika kebutuhan email Anda belum diasimilasikan oleh Google, ini adalah pilihan yang berguna.
6.Google Sky Peta
Sebuah aplikasi yang menakjubkan yang membuat Patrick Moore usang, dengan menggunakan alat orientasi telepon Anda untuk memberikan representasi akurat dari bintang dan planet pada layar Anda. Arahkan telepon Anda di langit, kemudian belajar apa rasi bintang yang terlihat dan jika itu sebuah UFO atau hanya Venus. Google Sky Peta  bahkan bekerja di dalam ruangan
7. Layar
Para augmented kenyataan menakjubkan aplikasi Layar  baru-baru ini komersial, menambahkan sebuah toko online yang memungkinkan pengguna untuk membeli konten seperti panduan wisata, aplikasi rumah lokal harga dan banyak lagi. Tapi Anda masih dapat menggunakan Layers gratis banyak untuk pop data sampai lebih dari dunia nyata lokasi, memberikan pengalaman futuristik memuaskan.
8. Foursquare
Media sosial Sayang Foursquare  diwakili dalam bentuk baik pada Android, dengan aplikasi Google menawarkan mudah satu-klik check-in, mengintegrasikan Google Maps untuk pengalaman Google-merek mulus dan pilihan rumah pintas halaman ke semua tempat favorit Anda.
9. WordPress for Android
WordPress for Android  dimulai sebagai wpToGo penciptaan independen, sebelum WordPress memutuskan menyukainya begitu banyak membeli itu – mempekerjakan pembuat untuk mengembangkannya di rumah. Ini sangat penuh fitur, dengan versi terbaru menawarkan integrasi penuh dengan aplikasi lain, membiarkan Anda memutar konten dan mengirimkannya langsung ke app untuk memperbarui mudah. Ini bisa dilakukan dengan alat gambar yang lebih penyisipan.
10. Google Goggles
Sedikit hal yang baru, di Google Goggles  memungkinkan Anda mengambil foto dan Google telah menganalisis dan kembali dengan halaman hasil pencarian, penggunaan utama aplikasi adalah sebagai pembaca kode QR, yang memungkinkan Anda memindai barcode untuk akses cepat ke aplikasi dan data apa pun orang memilih untuk menanamkan dalam kotak data yang sedikit aneh.
11. Winamp
Ya, sama Winamp  dari satu dekade lalu. Ini memiliki sebuah aplikasi Android untuk beberapa waktu, dengan update terbaru menambahkan dukungan untuk iTunes, Mac syncing, banyak streaming musik pilihan, daftar rilis baru dan integrasi Shoutcast untuk dukungan radio. Ini adalah, baik gratis media player.
12. Samsung chaton
Ada banyak alat pesan di Android, tetapi denyut Samsung banyak dari mereka dengan menawarkan dukungan multi-platform – bahkan dengan klien tersedia untuk tua non-pintar fitur ponsel Samsung. Ini bisa menjadi secara ideal untuk tetap berhubungan. banyak lagi pengguna akan dapat menggunakan gambar nya, berbagi gambar dan fitur jejaring sosial.
13. Skyfire 3.0
USP dari browser Skyfire adalah bahwa ia mendukung konten Flash, muncul sebuah jendela kecil ketika mendeteksi sebuah video YouTube atau yang serupa. flash sebenarnya ditangani oleh server Skyfire, yang melakukan semua hal computery, kemudian mengirimkan file ke ponsel Anda. Sedikit kikuk pada ponsel Android lebih lambat, tetapi bekerja seperti mimpi pada model dengan lebih cepat processors.Despite kedatangan Flash dengan Android 2.2, ini masih relevan bagi mereka pada ponsel dan versi Android tidak dapat mendukung Adobe Flash Player.
14. gvSIG Mini Maps
gvSIG Mini Peta  adalah alat pemetaan sangat komprehensif yang menggabungkan peta online besar termasuk Google, Bing, Open Street Map dan lebih,  mendukung data Ordnance Survey baru-baru ini resmi dan open-source. Ini berarti Anda tidak pernah lebih dari pencarian kode pos. yang menawarkan lebih di jalan data lokal akurat daripada alat lain.
15. Google Maps Navigation
Mutlak harus anda dapatkan. Selama Anda memiliki Android 1,6 atau di atasnya, update terbaru untuk Google Maps  memperkenalkan turn-by-turn navigasi suara, secara bersamaan menghancurkan industri satnav sementara meningkatkan dermaga di dashboard mobil/adegan pengisi aksesori. Perhitungan rute dilakukan pada awal perjalanan Anda, meminimalkan transfer data perjalanan dan menjaga Anda tetap pada target bahkan ketika sinyal GPS tetes. Sungguh menakjubkan, ia bekerja, dan gratis.
16. Swype
Para Swype garis-gambar keyboard yang aneh alternatif adalah cinta atau benci semacam itu , dengan jumlah yang signifikan dari pembelajaran kembali diperlukan untuk membuat sebagian besar cukup offputting untuk beberapa pengguna. Setelah Anda terbiasa dengan ide itu, meskipun, itu jenius – dengan pilihan prediksi maju lebih mempercepat Anda line-mengetik. Swype tidak tersedia melalui Android Market tapi anda bisa download langsung dari pembuatnya
17. Evernote
Setelah versi Android Dropbox, solusi terbaik berikutnya untuk menjaga semua ‘bisnis’ Anda dalam satu tempat adalah Evernote  - yang memungkinkan Anda menyimpan dan sinkronisasi semua catatan teks Anda, memo suara dan file pada ponsel Anda dan mengaksesnya melalui komputer desktop.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Android_%28sistem_operasi%29
http://al-rasyid.blog.undip.ac.id/tag/andy-rubin-android/
http://en.wikipedia.org/wiki/Andy_Rubin
http://www.crunchbase.com/person/andy-rubin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar