Selasa, 04 Desember 2012

Kuliah Sambil Berbisnis

Kuliah sambil berbisnis? Kenapa tidak???
Jika memang kita tidak ingin menjadi bawahan dan mencari uang sendiri, berbisnis adalah kesempatan yang sangat yang mungkin dijajaki. Untuk kalangan mahasiswa memang hanya ada pilihan terbatas menyangkut terbatasnya modal dan pengalaman. Untuk itu, persiapan menjadi hal yang mutlak dilakukan.
A. Memilih USAHA
Usaha bisa kita awali dari :
1. Usaha berdasar hobi
    Dengan begitu kita seperti tidak bekerja, tapi malah terkesan bersenang-senang. Cobalah kita periksa apa saja hobi kita. Untuk yang senang nonton film, bisnis rental VCD sepertinya akan menjadi bisnis yang tepat.
2. Usaha berdasar bakat
    Untuk kita yang mempunyai bakat design, cobalah memulai usaha seperti kaos sablon dll.
3. Usaha berdasar pengalaman
    Bagi anda mahasiswa yang dulunya bersekolah di SMK pasti sudah mempunyai pengalaman PKL (Praktek Kerja Lapangan) dengan pengalaman anda, anda dapat memanfaatkan pengalaman kerja anda di dunia sehari-hari.
B. Memilih TEMPAT USAHA
    Setiap bisnis memiliki karakternya sendiri. Jadi jangan kira hanya lokasi-lokasi yang mewah dan mahal saja yang bisa jadi lokasi bisnis anda. Alternatif tersebut adalah sbb :
1. Kios. Jika anda mempunyai cukup modal untuk membeli atau menyewa kios.
2. Rumah. Jika kebetulan rumah kita memiliki lokasi yang strategis, kita bisa menggunakannya sebagai salah satu alternatif tempat berbisnis.
3. Kaki lima. Bianis di kaki lima juga bisa dicoba untuk beberapa usaha. Selain karena kaki lima identik dengan makanan murah, lokasi disini juga merupakan pilihan tempat paling murah. Tapi ingat, jangan sampai membuka kaki lima dilokasi yang terlarang seperti taman kota. Pilihlah lokasi yang memang masih mungkin.
C. Memilih MACAM BISNIS
1. Bianis Waralaba
2. MLM (Multi-level-marketing)
3. Agen
4. Bisnis hampir mati
D. Mencari MODAL UANG
1. Modal sendiri
2. Pinjaman
    a. Pinjaman bank
    b. Pinjaman pegadaian
    c. Pinjaman orang
3. Patungan
Kuliah sambil berbisnis adalah suatu kegiatan yang sangat bagus dan membuat kita lebih mandiri dan mempunyai penghasilan sendiri, kita dapat membuat penuh isi dompet kita dengan hasil bisnis kita. Buat para mahasiswa jangan takut untuk berbisnis. good luck :)
Sumber : Pemikiran para wahasiswa.

3 komentar:

  1. Assalamualaikum..
    Mass browww Hebat euyy uda bisa mulai bisnis.. ajak ajak atuhh... hehehe

    BalasHapus
  2. Walaikumsalam... nyoba" we a toha, hee a toha atuh eta nu hebat mah, hmm

    BalasHapus
  3. Walaikumsalam... nyoba" we a toha, hee a toha atuh eta nu hebat mah, hmm

    BalasHapus