Senin, 31 Desember 2012

Jakarta Festival Car Free Night



Jakarta festival car free night adalah acara yang di selenggarakan oleh Gubernur DKI Jakarta Bpk. Joko Widodo yang merupakan perayaan malam pergantian tahun 2012 menuju tahun 2013. Acara ini merupakan acara pertama yang dilaksanakan pada malam perayaan pergantian tahun. Acara ini termasuk dari Gebrakan Jokowi.
Warga Jakarta yang ingin menikmati pertama di kota  Bebas acara Malam di sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin pada malam Malam Tahun Baru akan memiliki pilihan 14 ruang parkir untuk mengamankan kendaraan bagi warga yang ingin menikmati malam perayaan pergantian tahun 2013. Yaitu Di masjid Istiqlal, Parkir timur senayan, lapangan polisi, bias juga di gedung-gedung sepanjang jalan Sudirman, Monumen (Monas) Nasional parkir mobil, Jakarta Polisi parkir markas mobil dan parkir Senayan Timur mobil.
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama, diharapkan berada di panggung utama untuk pergantian tahun, yang akan ditandai dengan kembang api, musik dan pertunjukan cahaya. "Ini acara Malam Car Bebas dimaksudkan untuk membantu meringankan kemacetan lalu lintas yang kita lihat setiap malam Tahun Baru.
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku mendapat pelajaran berharga dari gelaran Jakarta Night Festival (JNF) dan Car Free Night yang sengaja digelar untuk merayakan malam pergantian tahun.

Untuk itu, ia mengaku akan mengevaluasi JNF tahun ini agar lebih baik di tahun berikutnya. Mantan Wali Kota Solo ini menyampikan, beberapa hal yang harus dievaluasi adalah mengenai manajemen karnaval, manajemen panggung, manajemen lighting, dan lain-lain.
Seperti diberitakan, Sebanyak 16 panggung hiburan untuk meramaikan Jakarta Night Festival (JNF) telah berdiri di sepanjang jalur Car Free Night (CFN), Senin (31/12/2012). Rencananya panggung hiburan akan dimulai serentak pada pukul 21.00 WIB.
Panggung yang dipasang memakan sebagian badan jalan, sehingga terjadi kepadatan kendaraan yang melintas. Kemacetan terjadi dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Bundaran Patung Kuda. Sementara itu, arus sebaliknya dari Harmoni menuju Bundaran HI terpantau lancar. Menurut informasi, pada pukul 16.00 WIN, petugas sudah mulai melakukan sterilisasi kendaraan yang akan memasuki kawasan Sudirman - Thamrin. Hal ini terkait akan dilaksanakannya Car Free Night di jalan protokol tersebut hingga Selasa (1/1/2013) pukul 02.00.
Untuk Mengatasi penghambatan acara dan kemacetan petugas dari kepolisian telah membuat jadwal untuk penutupan jalan sepanjang tempat acara berlangsung, di antaranya :
·         Pukul 4 sore
              Pembatasan selektif kendaraan melalui Jalan Sudirman-Thamrin.
·         18:00
             Akses ke Jalan Sudirman-Thamrin di jalur cepat ditutup.
·         Pukul 7 malam
              Jalur cepat dan jalur lambat ditutup dengan pengecualian untuk tamu undangan atau
             pengunjung hotel akan diberi kesempatan untuk lulus selektif.
·         08:00
              Pelaksanaan car free malam dimulai. Pada jam ini, Jalan Sudirman-Thamrin di jalur cepat 
             dan lambat tertutup sepenuhnya tanpa kecuali.
           
Setelah acara selesai, ada banyak dampak akibat pelaksanaan acara tersebut, diantaranya :
·         Car Free Night, Ada Juga yang Lapor Kehilangan Istri dan Suami

               Tak cuma anak-anak yang lepas dari rombongan, pengunjung Jakarta Night Festival di Car
                Free
               Night juga ada yang kehilangan istri/suami.
·         Ini Penyebab Banyak yang Pingsan di Bunderan HI

              Sempat terjadi gesekan antarwarga yang hendak pulang dengan pengunjung yang baru akan
              melihat pesta kembang api sehingga banyak yang pingsan.
·         Usai Car Free Night, Dompet Kosong Berserakan di Bundaran HI

             Banyak dompet ksoong berserakan di arena Jakarta Night Festival dan polisi menangkap satu
             orang pencopet.
·         Car Free Night, Ada 26 Laporan Kehilangan Anggota Keluarga

          Sebanyak 26 orang melaporkan kehilangan sanak saudaranya pada acara Car Free Night di
          Bundaran Hotel Indonesia.

Dengan Gubernur baru, Jakarta Baru, Tahun baru warga Jakarta kita semua berharap semoga Kota Jakarta akan lebih baik lagi masa depannya, segala permasalahan yang ada di Jakarta semoga dapat di terselesaikan dengan maksimal, dan akan terjadi kerukunan yang sangat erat antar warga Jakarta dan khususnya antar warga, masyarakat Indonesia.(Tris Harsono)
Sumber :
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar