Jumat, 14 Desember 2012

Industri Manufaktur


Manufaktur adalah suatu cabang industri yang mengaplikasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja dan suatu medium proses untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi untuk dijual.
Istilah ini bisa digunakan untuk aktivitas manusia, dari kerajinan tangan sampai ke produksi dengan teknologi tinggi, namun demikian istilah ini lebih sering digunakan untuk dunia industri, dimana bahan baku diubah menjadi barang jadi dalam skala yang besar.
Manufaktur ada dalam segala bidang sistim ekonomi. Dalam ekonomi pasar bebas, manufakturing biasanya selalu berarti produksi secara masal untuk dijual ke pelanggan untuk mendapatkan keuntungan.
Beberapa industri seperti semikonduktor dan baja lebih sering menggunakan istilah fabrikasi dibandingkan manufaktur.
Sektor manufaktur sangat erat terkait dengan rekayasa atau teknik.

Sejarah dan perkembangan

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4d/Boeing_787_Section_41_final_assembly.jpg/220px-Boeing_787_Section_41_final_assembly.jpg
http://bits.wikimedia.org/static-1.21wmf5/skins/common/images/magnify-clip.png
Perakitan Boeing 787 Dreamliner Section 41
  • Pada awalnya, manufaktur biasanya hanya terdiri dari seorang tukang yang ahli beserta beberapa pembantu. Para pembantu akan belajar sambil bekerja. Memasuki masa pra-industri, sistim serikat pekerja melindungi ketrampilan para ahli ini.
  • Sebelum revolusi industri kebanyakan manufaktur berada di daerah pedesaan, dimana produk-produk rumahan dan bergerak dalam pengolahan hasil pertanian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar