Jumat, 21 Desember 2012

Khasiat Jambu Monyet "jambu mete"


JAMBU MONYET
Jambu monyet, jarang terdengar ditelinga kita, namun tidak banyak juga orang yang kurang mengetahui tentang buah dan sekaligus tanaman obat ini.
Jambu Monyet (ANACARDIUM OCCIDENTALE) termasuk tumbuhan yang berkeping biji dua atau juga disebut tumbuhan berbiji belah. Nama yang tepat untuk mengklasifikasikan tumbuhan ini adalah tumbuhan yang berdaun lembaga dua atau ddisebut juga dikotil. Jambu monyet mempunyai batang pohon yang tidak rata dan berwarna coklat tua. Daunnya bertangkai pendek dan berbentuk lonjong (bulat telur) dengan tepian berlekuk-lekuk, dan guratan rangka daunnya terlihat jelas. Bunganya berwarna putih. Bagian buahnya yang membesar, berdaging lunak, berair,dan berwarna kuning kemerah-merahan adalah buah semu. Bagian itu bukan buah sebenarnya, tetapi merupakan tangkai buah yang membesar. Buah jambu monyet yang sebenarnya biasa disebut mete (mente), yaitu buah batu yang berbentuk ginjal dengan kulit keras dan bijinya yang berkeping dua tersebut oleh kulit yang mengandung getah.
Tanaman asal Brazil ini, memiliki buah yang tergolong unik. Buah Jambu Monyet merupakan tangkai buah yang mengalami penggelembungan dan menjadi buah semu yang lunak. Teksturnya seperti buah peer dengan warna kuning dan sedikit noda kemerahan. Rasanya manis sepat dan berair juga berserat. Biji bulat panjang, melengkung pipih dan berwarna coklat tua. Biji inilah yang sering disebut kacang mete.
Selain bijinya, kayu pohon Jambu Monyet juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, peralatan rumah tangga dan kerajinan tangan. Daun mudanya dapat dijadikan lalapan (baik mentah maupun dikukus terlebih dahulu). Buah semu nya juga dapat langsung dimakan sebagai bahan rujak atau minuman. Kulit bijinya juga dapat diolah menjadi bahan pelumas, insektisida, pernis, dan plastik. Namun, kita harus berhati-hati dengan cairan kulit bijinya, karena mengandung Cashew Nut Shell Liquid (CNSL), dimana kulit kita akan mengalamai pembengkakan serta peradangan bila terkena getah kulit bijinya tersebut.
Selain kegunaan diatas, tanaman jambu monyet juga memiliki khasiat yang menyehatkan.
Daunnya yang berbau aromatik, rasaya kelat, memiliki khasiat anti radang dan penurunan kadar glukosa darah. Tangkai daunny berfungsi sebagai pengelat. Bijinya berkhasiat sebagai pelembut kulit dan penghilang rasa nyeri (analgesik).Akarnya bermanfaat sebagai pencahar (laksatif). Kulit kayunya berbau tanah, rasanya kelat dana lama kelamaan menimbulkan rasa tebal di lidah. Khasiatnya sebagai pencahar, astringen dan memacu aktivitas enzim pencernaan. 
Nama Lokal :
Cashew (Inggris), Jambu Moyet, Jamu mente (Indonesia); Jambu mete (Jawa), Jambu mede (Sunda), Gaju (Lampung);
 KANDUNGAN KIMIA : Jambu monyet (ANACARDIUM OCCIDENTALE) antara lain mengandung senyawa kimia seperti tanim, anacardic acid dan cardol, yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptik. Selain itu daun jambu monyet yang masih muda juga mempunyai komposisi kandungan kimia seperti vitamin A sebesar 2689 SI per 100 gram, vitamin C sebesar 65 gram per 100 gram, kalori 73 gram per 100 gram, protein 4,6 gram per 100 gram, lemak 0,5 gram per 100 gram, hidrat arang 16,3 gram per 100 gram, kalsium 33 miligram per 100 gram, fosfor 64 miligram per 100 gram, besi 8,9 miligram dan air 78 gram per 100 gram.
Klasifikasi Jambu Mete
Divisi         : Spermatophyta
Subdivisi     : Angiospermae
Kelas         : Dicotyledonae
Ordo         : Sapindales
Famili         : Anacardiaceae
Genus         : Anacardium
Spesies     : Annacardium occdentale L
Khasiat Jambu Mete – Jambu Monyet
Ternyata baik bagi kesehatan karena banyak sekali mengandung senyawa kimia yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan antiseptic, seperti tanim anacardic acid dan cordol.
Dan tahukah anda bahwa Jambu Mete – Jambu Monyet ini juga kaya akan vitamin A, C, lemak kalsimu, fosfor besi dan air loh.

Selain buahnya yang banyak sekali memberikan kandungan yang positif bagi tubuh juga dapat mengobati beberapa penyakit.
Dan berikut adalah beberapa Khasiat Jambu Mete – Jambu Monyet :
• Dapat mengobati disentri.
• Dapat mengobati diabetes melitus.
• Dapat mengobati radang mulut.
• Dapat mengobati pegal linu.
Berikut penjelasan beberapa manfaat dan khasiat jambu monyet atau jambu mete.
Manfaat dan khasiat dari :
A. Kulit kayu
1. Diabetes mellitus : kencing manis / sering buang air kecil
2. Sembelit
3. Sariawan
4. Jerawat
B. Biji
1. Servikitis : Radang pada mulut rahim
2. Sakit gigi
3. Radang gusi
4. Terkena gigitan ular berbisa
5. Menaikkan berat badan
C. Minyak biji
1. Prosiasis
2. Keracunan makanan
3. Ruam kuku
4. borok
D. Kulit biji
1. Kanker kulit
2. membersihkan karang gigi
E. Daun muda
1. Hipertensi : tekanan darah tinggi
2. Diabetes mellitus : kencing manis
3. Malaria
4. Rheumatik
5. Sariawan
6. Ruam kulit
Cara pemakaian :
Untuk obat yang diminum, rebus 10-20 g kulit kayu, lalu air rebusannya diminum.
penjelasan : - Prosiasis merupakan suatu penyakit kulit yang penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat, namun penyakit ini tidak menular dan tidak membahayakan.(Tris Harsono)
Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar