Minggu, 08 Desember 2013

Sistem Pendidikan Industri Di Indonesia




       Dewasa ini banyak lontaran kritik terhadap sistem pendidikan yang pada dasarnya mengatakan bahwa perluasan kesempatan belajar cenderung telah menyebabkan bertambahnya pengangguran tenaga terdidik dari pada bertambahnya tenaga produktif yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja. Pendidikan adalah hal yang paling fundamental dalam kehidupan manusia. Pendidikan yang selaras dengan kebutuhan dunia usaha dan industri akan menjamin kualitas yang berkelanjutan. Sebagai salah satu indikator penting dalam kualitas pendidikan, relevansi menjadi kata kunci yang harus diperhatikan dalam membangun dan mengembangkan pendidikan tinggi di Indonesia. Untuk menunjang perkembangan ilmu, pengetahuan, teknologi dan ekonomi, pendidikan tinggi perlu mempertimbangkan aspek keselarasan kebutuhan tenaga SDM dengan program studi yang ditawarkan.
       Sistem Pendidikan di Indonesia kerap kali dikaitkan dengan peringkat posisi pendidikan indonesia di kancah dunia, yang saat ini Indonesia menempati posisi ke-69 lebih bagus dari Philipina, Kamboja, India dan Laos. Akan tetapi posisi negara tetangga kita yaitu Malaysia jauh lebih baik yakni menempati peringkat ke-65, semantara itu peringkat terbaik se Asia di duduki oleh negara Jepang dan Brunnei Darussalam. Penilaian peringkat tersebut diambil dari penghargaan suatu negara terhadap seorang guru sehingga guru dapat fokus dalam memaksimalkan pembelajaran guna mencapai kualitas prestasi belajar anak. Saat ini pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah bahkan merosot tajam sehingga mempengaruhi daya saing anak di tingkat Internasional, tetapi sebenarnya kemapuan anak-anak diseluruh dunia itu sama tidak mempunyai perbedaan Cuma dalam hal sistem dan metode kadang yang berperan sehingga mempengaruhi kualitas anak. Proses itulah yang harus di perhatikkan dan diperbaiki agar anak-anak mampu untuk bersaing di kancah Internasional.
       Proses pendidikan di Indonesia sendiri menggunakkan kurikulum yang telah ditentukan oleh pemerintah sehingga di Indonesia semua kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan ada di tangan pemerintah pusat. Dengan adanya generasi yang kreatif, bidang pekerjaan tidak melulu terpusat pada dunia industri dan potensi sumber daya alam serta sumber daya manusia Indonesia dapat teroptimalisasi. Di Indonesia, perusahaan-perusahaan mengakui bahwa lembaga-lembaga yang menyelenggarakan pelatihan teknis dan kejuruan masih dapat melakukan lebih banyak hal untuk membekali pekerja dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja. Universitas dan lembaga-lembaga penelitian juga mempunyai kesempatan untuk meningkatkan kerjasama di bidang penelitian yang akan membantu mengembangkan dan menerapkan teknologi-teknologi baru guna mendorong pertumbuhan.
Sistem Pendidikan model Industri di Indonesia sebenarnya sudah sejak lama dilakukan, tetapi pada prakteknya tidak maksimal di terapkan. Sebuah lembaga pendidikan itu mempunyai metode dan sistem pembelajaran tersendiri dengan memiliki tujuan agar proses produksi dapat mencetak kualitas lulusan yang memiliki prestasi dan di butuhkan oleh lembaga pendidikan yang ada di atasnya atau jenjang lanjutan, sehingga secara tidak langsung masing-masing sekolah tersebut akan terkonsentasi kepada proses pembelajaran yang sudah memiliki target dan tujuan supaya hasil dari proses belajar yang dilaksanakkan di lingkungan sekolah dapat mencetak hasil lulusan yang terbaik dan juga bisa masuk ke jenjang sekolah lanjutan yang terbaik pula. itu merupakkan bukti bahwa sistem pendidikan di Indonesia menggunakkan sistem produksi, tapi pada prakteknya tidak diterapkan pada dunia pendidikan di Indonesia, padahal apabila di Indonesia menerapkan atau mengadopsi sistem industri tersebut dapat meningkatkan kualitas belajar prestasi anak dikarenakkan masing-masing sekolah lebih terfokus kepada proses belajar sehingga dapat menciptakkan hasil lulusan yang berkualitas dan berprestasi sehingga anak dapat melanjutkan ke tingkat sekolah lanjutan yang berkualitas pula. Sehingga sistem pendidikan di Indonesia masih harus diperbaiki agar  dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah dapat terlaksana dan tercapai sesuai dengan apa yang di harapkan. Tetapi proses pendidikan yang ada di Indonesia diharapkan dapat menerapkan sistem Industri yang sebenarnya sudah lama terlaksana di Indonesia dan terbukti dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. ( Tris Harsono )

Sumber Artikel :

2 komentar: