Dewasa ini banyak lontaran kritik terhadap sistem pendidikan
yang pada dasarnya mengatakan bahwa perluasan kesempatan belajar cenderung
telah menyebabkan bertambahnya pengangguran tenaga terdidik dari pada
bertambahnya tenaga produktif yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja. Pendidikan
adalah hal yang paling fundamental dalam kehidupan manusia. Pendidikan yang
selaras dengan kebutuhan dunia usaha dan industri akan menjamin kualitas yang
berkelanjutan. Sebagai salah satu indikator penting dalam kualitas pendidikan,
relevansi menjadi kata kunci yang harus diperhatikan dalam membangun dan
mengembangkan pendidikan tinggi di Indonesia. Untuk menunjang perkembangan
ilmu, pengetahuan, teknologi dan ekonomi, pendidikan tinggi perlu
mempertimbangkan aspek keselarasan kebutuhan tenaga SDM dengan program studi
yang ditawarkan.
Sistem
Pendidikan di Indonesia kerap kali dikaitkan dengan peringkat posisi pendidikan
indonesia di kancah dunia, yang saat ini Indonesia menempati posisi ke-69 lebih
bagus dari Philipina, Kamboja, India dan Laos. Akan tetapi posisi negara
tetangga kita yaitu Malaysia jauh lebih baik yakni menempati peringkat ke-65,
semantara itu peringkat terbaik se Asia di duduki oleh negara Jepang dan
Brunnei Darussalam. Penilaian peringkat tersebut diambil dari penghargaan suatu
negara terhadap seorang guru sehingga guru dapat fokus dalam memaksimalkan
pembelajaran guna mencapai kualitas prestasi belajar anak. Saat ini pendidikan
di Indonesia masih tergolong rendah bahkan merosot tajam sehingga mempengaruhi
daya saing anak di tingkat Internasional, tetapi sebenarnya kemapuan anak-anak
diseluruh dunia itu sama tidak mempunyai perbedaan Cuma dalam hal sistem dan
metode kadang yang berperan sehingga mempengaruhi kualitas anak. Proses itulah
yang harus di perhatikkan dan diperbaiki agar anak-anak mampu untuk bersaing di
kancah Internasional.
Proses
pendidikan di Indonesia sendiri menggunakkan kurikulum yang telah ditentukan
oleh pemerintah sehingga di Indonesia semua kebijakan yang berkaitan dengan
pendidikan ada di tangan pemerintah pusat. Dengan adanya generasi
yang kreatif, bidang pekerjaan tidak melulu terpusat pada dunia industri dan potensi
sumber daya alam serta sumber daya manusia Indonesia dapat teroptimalisasi. Di
Indonesia, perusahaan-perusahaan mengakui bahwa lembaga-lembaga yang
menyelenggarakan pelatihan teknis dan kejuruan masih dapat melakukan lebih
banyak hal untuk membekali pekerja dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh
pasar tenaga kerja. Universitas dan lembaga-lembaga penelitian juga mempunyai
kesempatan untuk meningkatkan kerjasama di bidang penelitian yang akan membantu
mengembangkan dan menerapkan teknologi-teknologi baru guna mendorong
pertumbuhan.
Sistem
Pendidikan model Industri di Indonesia sebenarnya sudah sejak lama dilakukan,
tetapi pada prakteknya tidak maksimal di terapkan. Sebuah lembaga pendidikan
itu mempunyai metode dan sistem pembelajaran tersendiri dengan memiliki tujuan
agar proses produksi dapat mencetak kualitas lulusan yang memiliki prestasi dan
di butuhkan oleh lembaga pendidikan yang ada di atasnya atau jenjang lanjutan,
sehingga secara tidak langsung masing-masing sekolah tersebut akan terkonsentasi
kepada proses pembelajaran yang sudah memiliki target dan tujuan supaya hasil
dari proses belajar yang dilaksanakkan di lingkungan sekolah dapat mencetak
hasil lulusan yang terbaik dan juga bisa masuk ke jenjang sekolah lanjutan yang
terbaik pula. itu merupakkan bukti bahwa sistem pendidikan di Indonesia
menggunakkan sistem produksi, tapi pada prakteknya tidak diterapkan pada dunia
pendidikan di Indonesia, padahal apabila di Indonesia menerapkan atau
mengadopsi sistem industri tersebut dapat meningkatkan kualitas belajar
prestasi anak dikarenakkan masing-masing sekolah lebih terfokus kepada proses
belajar sehingga dapat menciptakkan hasil lulusan yang berkualitas dan
berprestasi sehingga anak dapat melanjutkan ke tingkat sekolah lanjutan yang berkualitas
pula. Sehingga sistem pendidikan di Indonesia masih harus diperbaiki agar
dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah dapat terlaksana dan
tercapai sesuai dengan apa yang di harapkan. Tetapi proses pendidikan yang ada
di Indonesia diharapkan dapat menerapkan sistem Industri yang sebenarnya sudah
lama terlaksana di Indonesia dan terbukti dapat meningkatkan kualitas hasil
belajar siswa. ( Tris Harsono )
Sumber Artikel :
Thanks ya sob udah share .......................
BalasHapusbisnistiket.co.id
oke bro sama" saling berbagi itu menyenangkan..
BalasHapus