Minggu, 08 Desember 2013

Mengenali Industri Revers Logistics


Logistik merupakan seni dan ilmu, barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya, seperti produk, jasa, dan manusia, dari sumber produksi ke pasar dengan tujuan mengoptimalkan penggunaan modal. Manufaktur dan marketing akan sulit dilakukan tanpa dukungan logistik. Logistik juga mencakup integrasi informasi, transportasi, inventori, pergudangan, reverse logistics dan pemaketan. Banyak organisasi dan individu telah mencoba untuk mendefinisikan Logistik Reverse. Kami menyebut istilah " logistik reverse " karena semua aktivitas yang terkait dengan produk / layanan purna titik penjualan, tujuan akhir untuk mengoptimalkan atau membuat kegiatan aftermarket lebih efisien, sehingga menghemat uang dan sumber daya lingkungan . Logistik Reverse adalah proses ilmiah pengelolaan aset, di setiap departemen di semua industri dan di semua disiplin ilmu. Tidak hanya solusi rantai pasokan di Industri Teknologi Tinggi, tapi semua industri dan setiap departemen dari Hukum Sumber Daya Manusia.
Reverse Logistics Magazine adalah publikasi digital bulanan Reverse Logistik Association with sirkulasi 90.000 pembaca di seluruh dunia. Logistik reverse adalah proses yang melintasi semua industri termasuk High-Tech, Retail, Kedokteran, Farmasi, Otomotif dan Aerospace, hanya untuk beberapa nama. Majalah ini memberikan informasi terbaru mengenai berbagai bidang logistik terbalik termasuk manajemen kembali, perbaikan, layanan lapangan dan manajemen garansi. Reverse logistik adalah lubang uang bagi banyak pengecer dan produsen. Genco, pemimpin global dalam layanan reverse logistik, dapat mengurangi keuntungan pengolahan dan likuidasi persediaan biaya Anda sebesar 20% dengan sepenuhnya mengotomatisasi proses terbalik. Pada sebuah perusahaan yang tidak beroperasi logistik reverse barang apapun yang telah kembali dari pelanggan dapat diterima ke dalam gudang dan disimpan sampai diperiksa oleh departemen kualitas atau dibuang, ini bisa menjadi jam hari atau bulan. Tidak hanya skenario ini menggunakan ruang gudang yang berharga, tetapi gagal untuk mengatasi potensi manfaat memperbaiki item untuk pelanggan atau perbaikan kembali untuk dijual kembali potensial. Kedua pilihan ini dapat mengubah kerugian akibat biaya pembuangan menjadi keuntungan bagi perusahaan Anda serta meningkatkan kepuasan pelanggan.


Istilah lainnya sinonim untuk ReverseLogistics  adalah Aftermarket Logistik, Retrogistics, atau Aftermarket Supply Chain . Rantai pasokan sebaliknya juga merupakan istilah yang digunakan dalam industri. RL tidak menjadi bingung dengan logistik maju atau mendapatkan produk ke pasar umum dikenal sebagai rantai pasokan ke depan . Jenis aktivitas umum dengan logistik reverse meliputi : logistik, pergudangan, perbaikan, perbaikan, daur ulang, e -waste, setelah dukungan call center pasar, reverse pemenuhan, layanan lapangan dan banyak lainnya. Logistik reverse, konsep yang cukup baru dalam bidang logistik, telah semakin dianggap penting sebagai strategi bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan. Saya menggambarkan pandangan holistik logistik terbalik dan menyaring 11 wawasan bagi keberhasilan pelaksanaan reverse logistics dari literatur yang ada dan studi kasus yang diterbitkan. Faktor-faktor strategis terdiri dari biaya strategis, kualitas secara keseluruhan, layanan pelanggan, masalah lingkungan, dan masalah legislatif. Faktor operasional terdiri dari analisis biaya-manfaat, transportasi, pergudangan, manajemen persediaan, remanufaktur dan daur ulang, dan kemasan. Wawasan tentang faktor-faktor ini bersama-sama membentuk state-of-the-art pengetahuan tentang kunci desain yang sukses dan penggunaan sistem reverse logistik.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar